Sunday, September 24, 2006

DASAR DASAR KEPENDUDUKAN

ILMU KEPENDUDUKAN

Ilmu yang mempelajari dan mengkaji segala permasalahan serta seluk-beluk tentang penduduk dan dinamika perubahannya disebut dengan demografi. Ilmu demografi dapat dilihat dari dua sudut pandang (point of view).

A. Demografi dalam arti sempit

Disebut juga dengan demografi formal. Sudut pandang ilmu penduduk ini berkenaan dengan besar (jumlah penduduk), distribusi (persebaran penduduk), struktur atau komposisi dan pertumbuhan penduduk (perubahan penduduk dari waktu ke waktu). Komponen perubahan kependudukan yang dimaksud di dalamnya adalah kelahiran, kematian dan migrasi.

B. Demografi dalam arti luas

Kependudukan dilihat dari sudut pandang yang lebih luas, yaitu dengan menambah beberapa unsur kependudukan yang lain yaitu sifat-sifat dari kelompok etnik (suku), sifat kelompok sosial dan sifat ekonomi penduduk.

TRANSISI DEMOGRAFI

Sejarah pertumbuhan penduduk berjalan melalui beberapa periode, yaitu:
1. Periode Keseimbangan-lama
Tingkat kelahiran besar, diimbangi dengan tingkat kematian yang besar pula. Saat itu merupakan fase pertumbuhan berpotensi tinggi karena belum ada pembatasan kelahiran dan memiliki kemampuan untuk berkembang jumlahnya. Namun terhambat oleh jumlah kematian yang juga banyak.
2. Periode Transisi
Tingkat kematian berkurang karena kemajuan masyarakat, disusul dengan menurunnya tingkat kelahiran karena teknik pembatasan kelahiran yang efektif.
3. Periode Keseimbangan-baru
Tingkat kelahiran dan kematian sama-sama rendah. Keadaan yang disebut dengan fase permulaan menurun (incipient decline) karena tingkat kematian lebih tinggi dari tingkat kelahiran.

UNSUR-UNSUR PENDUDUK

Kependudukan memilki tiga unsur utama yang umum, tercakup dalam komponen perubahan penduduk dan penting untuk dikaji. Unsur-unsur tersebut adalah:
1. Kelahiran (fertilitas)
2. Kematian (mortalitas)
3. Perpindahan (migrasi)